Senin, 14 Oktober 2013

Universitas Jember

UNIVERSITAS JEMBER




Universitas Jember (UNEJ), merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di kabupaten Jember, Jawa Timur. Kampus ini terletak di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
  • SEJARAH
Bermula dari gagasan dr. R. Achmad bersama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Maka pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat untuk mewujudkan cita-citanya. Dengan  dr. R. Achmad sebagai Ketua; R. Th. Soengedi sebagai Penulis, dan R. M. Soerachman sebagai Bendahara.
 Monumen Triumviraat

UNEJ awalnya merupakan universitas swasta bernama Universitas Tawang Alun dan hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Hukum. Pada tahun 1963, Universitas Tawang Alun statusnya telah berganti menjadi universitas negeri tetapi sebagai cabang dari Universitas Brawijaya. Pada tahun 1964 Universitas Brawijaya Tjabang Djember dinyatakan berdiri sendiri dengan nama Universitas Negeri Djember yang disingkat menjadi UNED. Pada tahun ini UNEJ telah memiliki lima fakultas, yang terdiri dari : Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 1982, Universitas Negeri Djember ditetapkan bernama Universitas Jember sengan singkatan UNEJ, dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad.

Kepemimpinan dr. R. Achmad kemudian dilanjutkan oleh Letkol Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kolonel Drs. H.R. Warsito (1978-1986). Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, M.S. (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, M.Sc. (2003-2012), dan Moch. Hasan, M. Sc., Ph.D (2012 - sampai kini).
 Saat ini, UNEJ telah berkembang memiliki 9 Program Studi (PS) Pasca Sarjana S2/S3 dan Program Sarjana S1 yang terdiri atas 15 Fakultas/PS setara Fakultas.
  •  VISI
 Visi UNEJ adalah menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial. 
  • MISI
Untuk mencapai visi di atas, misi UNEJ adalah :
- Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi yang berkualitas dan berwawasan ecotechnopreneurship
- Mengembangkan sains, teknologi dan seni yang inovatif, berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial untuk kesejahteraan masyarakat
- Memberdayakan masyarakat agribisnis dengan menerapkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal
- Mengembangkan sistem pengelolaan universitas yang akuntabel dan bertaraf internasional
- Mengembangkan jaringan kerja sama dengan stakeholders dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri
  • MOTO
Dalam rangka memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (quality first).
  • TUGAS POKOK
Universitas Jember mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.
  • FUNGSI
- Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan hubungannya dengan lingkungan
- Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan
- Melaksanakan pengabdian kepada masyaraka
- Melaksanakan kegiatan layanan administrasi
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan IPTEKS
  •  FAKULTAS
- Fakultas Sastra
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Fakultas Hukum
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Kedokteran Gigi
- Fakultas Teknologi Pertanian
- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Fakultas Teknik
- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Kesehatan Masyarakat
- Fakultas Farmasi
- Program Studi Ilmu Keperawatan
- Program Studi Sistem Informasi
- Program Pasca Sarjana
 

0 komentar:

Posting Komentar